Analisis SWOT Amal Usaha Muhammadiyah-Aisyiyah


WORKSHEETS (LEMBAR KERJA) 

Mata Kuliah
:  Kebidanan Komunitas Lanjut
Materi
:  Analisis SWOT
Nama Mahasiswa
:  Aprilita_1810104277_8E


No
Keterangan

Pembahasan
1
Bentuk Amal Usaha Muhammadiyah-‘Aisyiyah
:
Klinik Keluarga Sakinah Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Malang  
2
Gambaran Umum Amal Usaha Muhammadiyah- ‘Aisyiyah
:
Pada tahun 1997, Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Malang bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam Aisyiyah (RSIA) Malang memberikan jasa layanan dan konsultasi keluarga. Kemudian, pada tahun 2000 PDA Kota Malang meresmikan “Klinik Keluarga Sakinah” Periode I, Tahun 2000–2005, pada periode ini pelayanan diperluas tidak hanya di lingkungan RSIA saja, tetapi juga di kantor PDA Kota Malang dengan bidang layanan yang sama. Selanjutnya, Klinik Keluarga Sakinah periode II, tahun 2005–2010, memperluas kerjasama dengan menambah jasa layanan konsultasi di bidang kesehatan. Pada periode III yaitu tahun 2010 -2015 berbarengan dengan Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Aisyiyah yang melahirkan gagasan  atau kebijakan untuk mendirikan BIKKSA, Maka Klinik Keluarga Sakinah yang telah ada lebih dulu hanya melakukan penyesuaian secara administratif, dimana BIKKSA berada dibawah kewenangan Majelis Tabligh. Dalam menyikapi gerakan pendirian BIKKSA, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang tetap menggunakan nama “Klinik Keluarga Sakinah” dan semakin memperluas kerjasama dengan mengembangkan berbagai bidang layanan/jasa. Namun, di mulai pada tahun 2014, Klinik Keluarga Sakinah tidak lagi menjadi tanggung jawab Majelis Tabligh melainkan langsung di bawah tanggung jawab Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Malang. Klinik Keluarga Sakinah (KKS) adalah Unit organisasi yang menjadi sarana untuk memberikan pelayanan pada masyarakat baik secara individu maupun keluarga yang memiliki permasalahan dalam kehidupanya. Dalam pelaksanaanya, Klinik Keluarga Sakinah memberikan bantuan kepada klien dalam memecahkan masalah dan mencarikan jalan keluar dari kondisi yang dialaminya dengan menggunakan pendekatan psikologis, sosial, hukum dan keagamaan yang berdasarkan nilai-nilai Islam dalam memberikan perlindungan, pemulihan dan pemberdayaan. (Sumber : Sofyan. (2015). Konseling Keluarga.
3
Analisis Strength
:
Klinik Keluarga Sakinah memiliki banyak relasi, seperti Universitas Muhammadiyah, Rumah Sakit Aisyiyah, Rumah Sakit Saiful Anwar, Amal Usaha Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang dan Ranting Aisyiyah, serta memiliki relasi pada Pemerintahan
4
Analisis Weakness
:
Adapun kendala yang dihadapi oleh Klinik Keluarga Sakinah yang tentunya berpengaruh pada kinerja sebagai berikut:
a.  Klinik Keluarga Sakinah sejak tahun berdirinya belum memiliki system pengelolaan keorganisasian yang kuat. Hal ini didasari dengan lemahnya koordinasi antara pengelola Klinik Keluarga Sakinah. Kesibukan masing-masing pengelola di luar Klinik Keluarga Sakinah menjadi salah satu faktor rentan koordinasi.
b.  Kurangnya pelaksana teknis sehingga satu orang penanggung jawab teknis bisa memiliki peran ganda dalam agenda kegiatan.
c.  Tidak optimalnya proses evaluasi kegiatan dikarenakan minimnya petugas lapangan yang dimiliki oleh Klinik Keluarga Sakinah.
d.  Dalam hal konseling, keterbatasan ruang (kantor) menyebabkan Klinik Keluarga Sakinah menggunakan alternatif ruang yang lain dalam kegiatan konseling.
e.  Lemahnya inventarisasi administrasi. Ini didasari oleh tercecernya berkas-berkas, laporan-laporan kegiatan di dalam ruangan-ruangan yang berbeda.

5
Analisis Opportunity
:
Peluang yang dimiliki Klinik Keluarga Sakinah didasari oleh kesempatan untuk melakukan kegiatan secara topikal karena keberadaannya didukung oleh persyarikatan dan pemerintahan
6
Analisis Threat
:
Adapun ancaman yang dihadapi oleh Klinik Keluarga Sakinah tidaklah jauh dari persoalan administrasi dan inventarisasi. Karena, masalah organisasi merupakan masalah managerial, dimana semua kegiatan harus terorganisir sesuai dengan aturan. Maka dari itu, dituntut untuk tertib administrasi dan inventarisasi kekayaan organisasi.


Comments

Popular posts from this blog

Talk Less Do More

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas