Menjaga Amanah

Allah SWT menempatkan amanah sebagai salah satu akhlak yang memiliki kedudukan sangat spesial bagi hambanya. Bahkan, seseorang yang memiliki sikap amanah bisa menjadi kekasih-Nya. Sebaliknya, seseorang yang suka berkhianat sangat dibenci Allah dan akan diperlihatkan kepada seluruh makhluk di hari pembalasan kelak.


Saat ini, kenapa kita sulit sekali menjaga amanah ataupun mencari orang yang amanah? Terkadang tak jarang kita dikecewakan orang-orang yang tidak amanah. Karena umat Islam hidup dalam sistem yang tidak menerapkan syriat-Nya, sifat amanah menjadi hal yang tergerus sistem saat ini.

Padahal, Islam mewajibkan kita untuk menjaga amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya. Sejalan dengan perintah Allah SWT, "Sungguh, Alllah menyuruhmu menyampaikan amanah kepada orang yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baiknya memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat." (Qs. An-Nisa : 58)

Kemampuan seorang muslim dalam menjaga amanah merupakan tolak ukur usahanya menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. 

Tidak hanya dalam hal ibadah, seseorang yang amanah akan memiliki hubungan baik dengan manusia lainnya. Ia dapat dipercaya dan dihormati.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.