Waktu Mustajab Air Putih

 Manfaat air putih untuk kesehatan sangatlah banyak. Air putih bisa digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit berbahaya atau untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit berbahaya.

Tubuh manusia terdiri lebih dari 70% cairan, sehingga kebutuhan cairan harian seseorang sangat tinggi. Seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang banyak untuk dapat melakukan aktivitas secara optimal. Setiap orang harus memenuhi asupan cairan harian tubuhnya minimal delapan gelas air putih setiap harinya.

Meminum air putih tentu ada aturannya. Di kutip dari Samuderanesia.id menyimpulkan waktu-waktu yang tepat untuk minum delapan gelas air putih sebagai berikut :

1. Saat Bangun Tidur

Minum air putih, disarankan 230-300 ml. Setelah bangun tidur membantu membangkitkan kembali sel-sel dalam tubuh agar siap beraktivitas. Juga membantu mengeluarkan radikal bebas dan racun dari kalori yang terbakar saat metabolisme di malam hari.

2. Sebelum dan Sesudah Makan

Minum air putih sebelum makan akan membuat tubuh merasa lebih kenyang. Karena itu, asupan makanan pun jadi tak perlu terlalu banyak. Manfaat lainnya, jika perut belum diisi bisa melembutkan lambung. Air putih pun bisa membilas mulut dan tenggorokan, juga membantu organ agar mudah mencerna jika di minum sesudah makan.

3. Sebelum dan Sesudah Olahraga

Untuk menghindari dehidrasi, minum segelas air putih sebelum olahraga. Sebab, tubuh akan mudah lemas atau lelah jika hal itu terjadi. Sebaliknya, sesudah olahraga pun tubuh tetap butuh air putih. Selain akan menjaga kelembaban, juga mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Minum air putih hangat sebelum mandi sangat positif. Pastinya, akan menaikkan kadar natrium dalam tubuh, serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Sebelum Mandi

Ternyata minum air putih hangat sebelum mandi sangat positif. Pastinya, akan menaikkan kadar natrium dalam tubuh, serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga, dapat membantu menurunkan tekanan darah

5. Sebelum Tidur

Tak kalah pentingnya, minum air putih sebelum tidur dapat menurunkan resiko serangan jantung serta stroke. Sebaliknya, jika tidak tubuh akan mengalami dehidrasi dan mudah terserang penyakit kardiovaskular.

Semoga bermanfaat~


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas

Dimanakah Kebahagiaan Sejati Itu??