Overthinker

 Pengingat Untuk Si Overthinker

Overthinker sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Overthinker adalah orang-orang yang berlebihan dalam berpikir di hidupnya. Kita seringkali menjumpai tipe orang yang overthinking bahkan untuk hal-hal kecil sekali pun. Atau jangan-jangan kita juga termasuk salah satu dari orang yang suka bepikir terlalu banyak, lalu malah merasa sedih atau khawatir berkepanjangan tanpa sebab.


Jika benar, berikut beberapa kalimat pengingat yang perlu disematkan dibenak Si Overthinker.

Overthinking adalah penyebab terbesar dari ketidakbahagiaan. Terlalu banyak berpikir membuat kita merasa tidak puas dengan apa yang kita miliki dan menghancurkan kebahagiaan kita. Kebahagiaan yang sudah kita dapat, bahkan tidak kita pedulikan karena terlalu banyak takut pada hal-hal lain. Jauhkan pikiran dari hal-hal yang tidak membantu kita untuk menjadi lebih baik.

Kita adalah korban dari benak kita sendiri. Overthinking bisa mengontrol diri kita tanpa kita sadari. Mengubah kita yang tadinya selalu tersenyum dan bahagia, menjadi pribadi yang selalu khawatir dan sulit tersenyum. 

Jangan terlalu banyak berpikir, lakukan saja apa yang membuat kita bahagia. Apapun keputusan yang harus diambil, pilihlah yang membuat bahagia, yang paling sesuai dengan nilai-nilai diri dan hati nurani kita. Walaupun nantinya pilihan kita bisa gagal, namun tidak perlu menyesal. Karena hal itu adalah hal yang paling ingin kita lakukan. Ambil pelajaran dari kegagalan tersebut untuk diri kita tumbuh menjadi lebih baik.

Overthinking adalah kemampuan untuk menciptakan masalah yang seharusya tidak ada. Dengan berpikir berlebihan, kita malah menambah masalah yang tadinya tidak ada menjadi ada. 

Kekhawatiran bisa diibaratkan sebagai kursi goyang, ia memberikan kita hal untuk dilakukan, tetapi tidak membawa kita kemana-mana.. Kekhawatiran yang ditimbulkan karena berpikir berlebihan adalah suatu hal yang sia-sia. Ia tidak akan membawa kita bergerak maju, malah hanya membuat kita stuck di suatu tempat saja.


Karena setiap orang layak untuk membuat hidupnya menjadi lebih berarti. Berpikirlah sewajarnya agar tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain.

~ Just Writing to Healing ~


Reference : Meaningful.me, idntime.com

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.