Be Persistence, Be Resilient

Kebiasaan untuk selalu bergerak maju, untuk tidak mudah menyerah pada keadaan, sebuah sikap untuk selalu fokus pada solusi (bukan pada masalah atau komplain pada keadaan), membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang produktif.

Terdapat beberapa faktor untuk menjadi pribadi yang tekun atau gigih, yaitu kesadaran diri sendiri yang mendasari bahwa kegigihan merupakan suatu karakteristik unggul yang harus dimiliki seseorang dalam meraih impiannya. Namun, suatu kegigihan juga dapat timbul karena faktor eksternal, seperti ketika membaca atau mendengar mengenai kisah-kisah orang sukses tentang bagaimana mereka menanggulangi rintangan-rintangan yang terus menghalangi upaya mereka menuju tangga kesuksesan.

Orang yang gigih ialah orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh mencapai apa yang dicita-citakan sampai batas kemampuan yang dimilikinya.


Sebagai contoh, orang sukses yang memiliki sikap gigih adalah Henrry Ford (penemu mobil) yang selalu mengerjakan rencananya dengan kegigihan, dan membuatnya dicap sebagai orang yang tidak punya belas kasihan. Ia akan terus memaksa ketujuh insinyurnya menciptakan impiannya sampai berhasil. 

Seberapakah besarkah kita memiliki hasrat tentang cita-cita? Kita tahu sendiri titik tolak semua pencapaian adalah tergantung seberapa besar hasrat kita akan sesuatu. Jika hasrat kita lemah, akan mendatangkan hasil yang lemah, seperti api kecil yang menghasilkan panas sedikit. Jadi, jika kita mendapatkan diri kita kurang gigih, maka silahkan memiliki kegigihan yang lebih besar.

Tanpa kegigihan, kita akan kalah bahkan sebelum memulai. Sebaliknya, dengan kegigihan kita akan menang. Oleh karena itu, bersikaplah gigih dalam mewujudkan impian. Betapa pun lambatnya, kita harus tetap bergerak pada awalnya, kegigihan akan menghasilkan keberhasilan.

Jika tidak gigih dalam menghadapi setiap kegagalan, kita tidak akan pernah menang. Jika saat ini kita merasa menang, itu karena pada awalnya hasrat membara memaksa kita untuk terus melakukan perjuangan tersebut, terserah berapa lama dan berapa banyak uang yang kita habiskan.

Karena orang yang produktif adalah orang yang memiliki kebiasaan untuk selalu gigih berjuang dan terus ulet dalam berusaha untuk mengatasi setiap tantangan yang ada, demi tujuan yang telah ditetapkan.

Semoga bermanfaat ~


Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.

Omnibus Law