Si Bulat Merah yang Kaya Manfaat

Solanum Lycopersicum adalah nama latin dari buah tomat 


Menurut kalian tomat itu buah atau sayur atau keduanya. Sampai sekarang pun masih membingungkan dengan si bulat merah ini, tapi banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tomat mampu menjaga kesehatan jantung. Ketika kita mengiris tomat, akan terlihat bahwa bentuk dalam irisannya menyerupai bilik-bilik jantung. Nah ternyata, kandungan yang dimiliki tomat mampu menjaga kesehatan jantung. Di dalam buah tomat terdapat kandungan yang bernama likopen.  Menurut penelitian Current Medicinal Chemistry tahun 2017 dalam Hellosehat.com menjelaskan bahwa likopen memiliki hubungan positif dengan kesehatan jantung karena mampu mengatasi kerusakan ikatan lemak dalam darah dan mengendalikan kadar yang berlebihan, serta mampu memicu kondisi terhambatnya pembuluh darah (aterosklerosis). Selain itu, likopen mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Selain kandungan likopen, tomat juga memiliki senyawa beta karoten. Menurut Joural of Nutrition tahun 2017 menjelaskan bahwa beta karoten dapat mengatasi sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme adalah suatu gangguan proses metabolisme tubuh yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, tingginya kadar gula darah dalam darah dan besarnya lingkaran pinggang.

Tomat juga kaya akan kandungan vitamin C. Berdasarkan penelitian The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2018 kepada 100.000 responden, berhasil mengungkapkan bahwa tingginya kadar vitamin C dalam plasma darah dapat menurunkan peluang seseorang mengalami penyakit jantung.

Tomat mampu menjaga kesehatan tulang. Likopen selain berdampak positif terhadap kesehatan jantung, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Menurut penelitian Journal of Bone and Mineral Research tahun 2016 menjelaskan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam tomat dapat mencegah perkembangan osteoporosis dalam tubuh dan mengatasi risiko patah tulang.

Tomat mampu menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten dalam tomat, selain memberi manfaat pada kesehatan jantung. Ternyata juga mampu menjaga kesehatan mata. Ketika tomat dicerna, maka beta karoten akan berubah menjadi vitamin A. Hal ini terjadi karena tomat akan melalui lambung yang memiliki tingkat keasaman, dari situlah beta karoten menetralkan kandungannya menjadi vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata. Penelitian yang dilakukan Linus Pauling Institute tahun 2016 bahwa makanan yang kaya akan vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

Tomat mampu menjaga kesehatan kulit. Tomat yang kaya akan nutrisi vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mendorong produkis pro-kolagen. Kolagen adalah zat alami yang memberi struktur kult dan menjadikan kulit kencang serta awet muda.

Tomat mampu atasi sembelit. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat seperti tomat dapat membantu melembabkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. 

Tomat sangat baik dikonsumsi saat hamil. Asupan asam folat yang cukup sangat penting dipenuhi sebelum dan selama masa kehamilan.Fungsi asam folat yaitu untuk pertumbuhan sel dan DNA bayi didalam kandungan. Asam folat tersedia dalam bentuk suplemen, namun bisa didapat secara alami dari buah tomat.

Masih banyak lagi manfaat tomat yang lainnya. Mulai sekarang perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat dan alami. Salah satunya buah tomat. Pilihlah tomat yang segar dengan tampilan buah yang bulat, memiliki tekstur kulit yang halus dan berkilau dengan warna merah, oranye ataupun hijau.

~ Semoga Bermanfaat ~


Reference : Joural of Nutrition  (2017), The American Journal of Clinical Nutrition (2018), Journal of Bone and Mineral Research (2016),  Linus Pauling Institute (2016), Current Medicinal Chemistry (2017).

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas

Melakukan Sinergi