Terlalu Bergantung Hingga Takut Kehilangan

 Sebagai makhluk sosial, sudah pasti manusia membutuhkan orang lain untuk saling membantu dalam kehidupannya. Tapi, sebagian orang tidak sadar bahwa selama ini mereka terlalu bergantung pada orang lain.

Mereka sangat mendengarkan apa yang orang lain katakan dan tentukan seolah-olah kebahagiaan mereka ada di tangan orang lain. Terbiasa mengandalkan orang lain hingga membuat ketergantungan bahkan sampai lupa kalau orang tersebut dapat meninggalkan mereka kapan saja.

Ketidaksiapan menghadapi moment kehilangan karena perpisahan atau kematian pada akhirnya justru mendatangkan kekecewaan dan kesedihan yang mendalam. Ketika sumber kebahagiaan mereka itu tiba-tiba pergi, mereka dapat dengan mudah merasa terpuruk , lemah dan tak berdaya.

Padahal memang tidak ada yang abadi di dunia ini. Dan ada kalanya memang tidak ada satu orangpun yang bisa kita andalkan, selain diri kita sendiri. Suka tidak suka, mau tidak mau. Karenanya, bersahabatlah dengan diri sendiri.

Jangan jadikan orang lain sebagai satu-satunya tempat untuk bergantung dan mencari kebahagiaan. Kenali, terima, sayangi diri sendiri dan jadikan dia sebagai sosok yang juga bisa diandalkan kapanpun dibutuhkan.

Mulailah Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri

~ Semoga Bermanfaat ~

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas