Memahami Orang Lain Terlebih Dahulu

Orang bijak mengatakan bahwa kita memiliki dua telinga dan satu mulut agar lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Keterampilan mendengarkan menjadi penting bagi semua orang, terutama jika kita adalah seorang pemimpin. 

Mendengarkan yang sesungguhnya adalah kita menaruh perhatian atas apa yang disampaikan orang lain, berusaha memahaminya dan berusaha melihat dari sudut pandangnya.


Orang lain selalu ingin dipahami dan dimengerti. Kita akan paham mengapa orang sukses cenderung melakukan sesuatu dengan cara tertentu atau mengapa ia lebih memilih melakukan sesuatu dan meninggalkan yang lainnya. Kebiasaan ini mengajarkan kepada kita untuk mendiagnosis permasalahan dengan baik sebelum bertindak.

Memahami orang lain bermulai dari belajar melihat dari sudut pandang orang lain. Setiap orang memiliki sikap dan perilaku yang berbeda-beda. Jika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain, entah itu personal maupun kelompok. Maka melihat sesuatu dari sudut  pandang orang lain akan membuat kita lebih bijak dalam memberikan tanggapan, bersikap, atau bertindak. Namun, kita akan lebih bijaksana, seandainya ada beda pendapat antara kita dan orang lain. Selain itu, dengan kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, kita akan mampu memberikan sebuah solusi yang sesuai dengan cara berpikir dan cara pandang mereka.

Untuk memahami orang lain, kita harus mampu menjadi pendengar yang baik. Tidak ada satu orang pun yang lebih baik cara pemahamannya kecuali mereka yang senantiasa menjadi pendengar yang baik. Pendengar yang baik tidak hanya mendengar, tetapi mereka juga mampu menangkap dan merespon apa yang didengar dengan baik. Atau dengan kata lain, pendengar yang baik adalah pendengar yang aktif.

Pahami lebih dahulu orang lain, agar mereka juga memahami kita



Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia.

Comments

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Talk Less Do More

Sombong!!