Self Learning Habit

Membaca adalah Jendela Dunia
***

Sebuah kebiasaan untuk terus belajar akan mengembangkan kompetensi diri. Selalu ada celah untuk terus memekarkan potensi dan kapasitas diri. Selalu ada jalan untuk merekahkan pengetahuan, mengasah ilmu, dan merajut keterampilan. Aliran ilmu terus mengalun dan kemajuan pengetahuan terus bergerak. Lalu kenapa kita tidak memiliki kebiasaan untuk terus memetik ilmu?


Sebagai contoh, orang yang rutin tetap belajar adalah Barrack Obama. Ia selalu berusaha menyempatkan waktu membaca koran lokal, majalah, sampai laman online teranyar agar tak kehilangan berita terbaru. Sebagai seorang presiden Amerika pada zamannya, tentunya akan sangat dimaklumi bila Barrack Obama tidak lagi memiliki waktu untuk membaca buku, koran, atau mungkin portal berita. Karena toh kalau dipikir-pikir ia bisa meminta asistennya mencarikan informasi terbaru. Tapi pada kenyataannya, presiden berdarah Afto-Amerika ini memilih untuk membaca sendiri berbagai macam bacaan yang ia rasa memang perlu dibaca. Obama akan meluangkan waktunya di pagi hari untuk membaca koran harian, majalah-majalah, bahkan berbagai laman online seperti blog dan juga website. Dari sanalah ia mendapatkan informasi mengenai perkembangan yang terjadi di negaranya dan dunia internasional. Kebiasaaan Obama ini sudah dilakukan sejak masih kecil. Mungkin karena hal ini pula. Obama muncul sebagai salah satu orang paling cerdas di dunia.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa, belajar dengan membaca akan membuat kita menjadi lebih cerdas daripada menonton televisi. Hal ini disebabkan karena otak kita dirangsang untuk menerjemahkan kata-kata menjadi visualisasi yang sesuai dengan maksud suatu tulisan. Termasuk tentang berbagai kisah sukses, sudah sepatutnya kita memperkaya diri dengan bahan bacaan seperti itu.

Itulah mengapa kita harus rajin belajar. Jangan pernah berhenti membaca untuk memenuhi hasrat diri kita akan ilmu dan informasi baru. Dengan membaca, kita bisa melihat dunia secara lebih luas dan menyadari jika ada hal-hal baru yang bisa membantu perkembangan potensi kita.

 . Sehingga dengan banyak membaca kita tak hanya melihat dunia melalui jendela,
namun kita akan mampu menggenggam dunia



Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia.

Comments


  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas