Stop Multitasking

Multitasking dapat menurunkan fungsi otak

***
Multitasking atau tugas ganda adalah istilah saat dua pekerjaan dilakukan secara bersamaan. Dua pekerjaan yang dikerjakan sekaligus, akan membuat konsentrasi kita terpecah. Ketika kita terus menerus beralih dari satu hal ke hal yang lain, maka tidak ada satu pun yang akan mendapatkan perhatian penuh. Kita akan lebih mungkin membuat kesalahan jika melakukan beberapa hal secara bersamaan.


Akibat apabila bekerja dengan beberapa pekerjaan dalam satu rentang waktu secara bersamaan yaitu tidak efisien. Dengan mengerjakan lebih dari satu tugas secara bersamaan, maka akan mengakibatkan ketidakefisienan. Ketika mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Seseorang justru tidak dapat menyelesaikan dengan optimal karena membuang lebih banyak waktu dan bahkan tidak sedikit orang yang justru sering melakukan kesalahan dibandingkan dengan yang fokus mengerjakan satu jenis pekerjaan.

Selain itu, akibat lain dari multitasking adalah dapat merusak otak. Ketika kita harus mengerjakan dua tugas yang sama-sama membutuhkan konsentrasi penuh dan proses pengambilan keputusan, maka otak akan mengalami overload. Salah satu efek negatif yaitu mengalami penurunan kemampuan memori khususnya short term memory. Apabila kita berpikir atau mengerjakan secara bersamaan, maka bisa terjadi stimulasi berlebihan pada otak. Proses atensi akan berpindah-pindah. Akibatnya, otak tidak akan dapat memilah mana informasi penting dan yang tidak penting. Sehingga, kita menjadi sering lupa karena penurunan fungsi otak tersebut yang akan mengakibatkan kita menjadi mudah stres dan mudah emosi.
Bagi sebagian orang, melakukan multitasking adalah untuk mempercepat sebuah pekerjaan. Namun, dengan beberapa resiko diatas dapat merugikan diri sendiri. Kita terlalu menuntut agar pekerjaan cepat selesai, namun kita tidak fokus dengan apa yang dikerjakan. Hasilnya akan terjadi kesalahan-kesalahan kecil dan berujung menjadi kesalahan yang besar. Yang sebelumnya menuntut untuk cepat menyelesaikan pekerjaan, malah memakan waktu untuk menyelesaikan kedua pekerjaan tersebut. Fokus dengan satu pekerjaan, kemudian menyelesaikan. Setelah itu baru dilanjutkan dengan pekerjaan selanjutnya, ternyata lebih memiliki waktu yang produktif dan efisien.

Maka lebih baik memusatkan perhatian pada satu hal hingga selesai sebelum memulai mengerjakan yang lain. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah melacak hal-hal yang sudah dilakukan dan apa saja yang belum diselesaikan.

Selamat Mencoba dan Stop Multitasking



Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia

Comments

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas