Melakukan Sinergi

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu sebabnya kita akan selalu saling membutuhkan. Kekurangan kita ditutupi oleh kelebihan yang dimiliki orang lain dan sebaliknya, apa yang menjadi kelebihan diri kita dapat dimanfaatkan untuk membantu orang lain.

Inilah salah satu bentuk kerja sama yang harmonis, dimana masing-masing pihak menyadari akan kelebihan dan kekurangan masing-masing dan memilih bersinergi bukan berjalan sendiri-sendiri.

Pada kenyataannya, setiap orang memahami apa arti dari sebuah kerja sama. Namun, tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik. Ada banyak kendala yang dihadapi, baik dari diri sendiri maupun faktor dari luar diri. Padahal kerja sama merupakan bagian pentig dalam karier dan kehidupan.

Kerjasama adalah sebuah bentuk pekerjaan yang biasanya di kerjakan oleh individu, tetapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang diingingkan.

Ada banyak manfaat kerja sama yang dapat diperoleh, salah satunya yaitu mampu membuat organisai lebih produktif. Dengan kerja sama yang baik, dalam organisasi akan terbentuk quality circles kelompok-kelompok kerja yang berkualitas. Semua itu bermuara pada produktivitas organisasi. Kerja sama juga akan memudahkan kita menyelesaikan tugas yang tidak mampu diselesaikan secara individual.

Wina Wulandari, seorang konsultan karier dari PT Bina Talenta, menganalogikan kerja sama seperti jari-jari tangan kita. "Kerja sama itu ibarat lima jari tangan. Perbedaan bentuk dan rupa tak jadi masalah, justru perbedaan itulah yang akan memberikan energi pada dinamika yang ada." kata Wina kepada Media Kawasan Konsep the right man on the right job


Kerja sama dapat membantu masing-masing individu dapat memaksimalkan segala kelebihan dan kekurangannya dalam mencapai tujuan kelompok. Manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada saatnya tampil sebagai pribadi, dan ada saatnya tampil bersama.

Dapat disimpulkan bahwa, setiap individu mampu memberikan kontribusi yang berarti, sehingga dengan adanya kerja sama akan menjadikan kekuatan yang terintegritas dalam mencapai tujuan bersama.



Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia.

Comments

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Talk Less Do More

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas