Memulai Sesuatu dari Tujuan Akhir

Dengan memulai sesuatu dari tujuan akhir, maka kita dapat terhindar dari menyia-nyiakan waktu untuk sesuatu dalam jangka panjang yang tidak bermanfaat

***

Setiap pekerjaan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari harus memiliki visi. Visi inilah yang memberi gambaran dan arahan tentang bagaimana tujuan akhir yang akan kita capai. Dengan adanya visi, kita akan bersemangat dan sekaligus fokus melakukan tindakan-tindakan bertahap yang diperlukan agar visi kita dapat terwujud.

Tujuan hidup memiliki pengertian yang dapat diuraikan. Tujuan adalah sesuatu yang ingin di raih seseorang. Tujuan akhir untuk sukses berbeda setiap orang. Sebagai contoh, jika ingin pergi ke Kota Solo, tidak salah jika semua orang mengartikan sama, yaitu bahwa Solo adalah kota yang identik dengan kerajinan atau kebudayaannya. Tapi tujuan akhir atau keperluan setiap orang yang pergi ke Solo pasti berbeda-beda. Ada yang ingin bertemu keluarga, ada yang ingin bertamasya, ada yang hanya ingin tahu, ada yang ingin bersenang-senang bersama keluarga, dan tujuan lainnya. Itulah sebetulnya motivasi yang kuat untuk bisa pergi dan sampai ke tujuan, yaitu Kota Solo.

Begitu juga dengan tujuan akhir sukses berbeda bagi setiap orang. Itulah motivasi yang terpendam dalam diri kita. Itulah perlunya motivasi yang kuat yang akan membuat orang berjuang agar tujuan suksesnya dapat tercapai. Jika kita sudah memiliki tujuan sukses, namun tidak didukung oleh motivasi yang kuat, kita akan cepat menyerah di tengah jalan. Itulah sebabnya banyak orang yang gagal mencapai sukses, walaupun mempunyai tujuan yang jelas, namun tidak didukung oleh motivasi yang kuat.

Tujuan hidup sudah pasti menjadi salah satu faktor penentu kesuksesaan. Karena dengan memiliki tujuan yang jelas,  akan membuat jalan yang lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

Jika kita masih ragu dengan tujuan hidup, identifikasikan hal-hal apa saja yang kita suka dan kita ingin lakukan. Ketika kita merasa senang dan bahagia dengan apa yang kita lakukan, maka hal tersebut akan memberikan motivas tersendiri pada diri kita.

Jadi, temukan tujuan hidupmu dan mulailah dari tujuan yang terakhir



Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas