Tidak Tergantung pada Orang Lain

Nasib tidak ada hubungannya dengan kesempatan, ia ditentukan oleh pilihan. Nasib bukan pula sesuatu yang harus ditunggu, namun sesuatu yang harus diraih
[William J. Bryan]

***

Orang yang bergantung pada orang lain yaitu orang yang senantiasa tidak mampu mengandalkan dirinya sendiri dalam merencanakan atau membuat keputusan penting. Pada dasarnya setiap orang dapat meminta dan mempertimbangkan pendapat orang lain sebelum akhirnya membuat keputusan yang tepat bagi mereka sendiri. Namun, pada kenyataannya orang yang bergantung selalu terikat dengan pendapat orang lain dan tidak mampu mengambil inisiatif untuk menentukan yang terbaik bagi dirinya. Orang yang bergantung pada orang lain tidak mampu bekerja sendiri, mereka cenderung mengandalkan orang lain (keluarga atau teman) dalam memenuhi kebutuhan emosional dan kebutuhan hidupnya.


Orang-orang yang mempunyai performa tinggi dan sukses mempunyai sifat dan kebiasaan untuk menerima tanggung jawab hidup  mereka, tidak bergantung pada orang lain. Sebagaimana dikatakan oleh O. J. Simposon, "Di hari kita memangku tanggung jawab penuh atas diri kita, di hari kita berhenti membuat penyesalan, maka pada hari itulah kita mulai berada di puncak."

Darius O. Mills menyatakan, "Hal yang pertama kali diajarkan kepada saya adalah saya harus mengandalkan seluruhnya pada diri sendiri, bahwa masa depan terletak di tangan saya sendiri." Sedangkan Faiez H. Seyal menyebutkan bahwa, "kesuksesan tidak terjadi dengan sendirinya. Kesuksesan hanya terjadi bagi mereka yang memutuskan untuk tidak menyudahi apa adanya diri mereka dan menerima tanggung jawab untuk menjadikannya terjadi. Sejujurnya kita tidak dapat mengontrol hidup kita, maka orang lainlah yang akan melakukannya. Semakin dini kita belajar mengatasi tanggung jawab hidup, semakin diri kita dapat menjadi sukses."

Michael Korda menyatakan, "Sukses dalam skala apa pun menuntut kita untuk bertanggung jawab. Pada analisis akhir, satu-satunya sifat orang yang sukses adalah kemampuan untuk memikul tanggung jawab."



Referensi Bedah Buku :
Wahyuningsih, Eka Prasetya. (2017). Produktivitas Tanpa Batas. Yogyakarta : PT Anak Hebat Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Tentang Macam-macam Klien dalam Asuhan Kebidanan.

Makalah Perubahan Fisiologis Pada Masa Nifas